Kenapa Website Tidak Terindex Di Google ?

Kenapa Website Tidak Terindex Di Google

Mungkin sempat terlintas di benak blogger pemula pertanyaan kenapa website tidak terindex di google ? Atau berapa lama website terindex google ?

Jika Anda mengalami masalah diatas, kemungkinan ada beberapa faktor yang menjadi kendala pada proses pengindeksan Google. Anda perlu menganalisis permasalahannya dan memperbaikinya.

Penyebab Blog Tidak Diindeks Google

Berikut penyebab website / blog tidak muncul di google dan cara mengatasinya.

1.Google Belum Menemukan Website Anda

Kasus seperti ini umumnya sering terjadi pada website yang baru dibuat. Untuk menanganinya, biarkan beberapa hari sampai Google meng-crawl dan mengindeks website Anda secara keseluruhan.

Atau coba Anda lakukan ping pada website yang baru dibentuk tersebut. Tetapi jika beberapa hari Google belum juga mengindeks website Anda, salah satu langkah yang dapat dikerjakan ialah daftarkan website Anda ke Google Webmaster.

Baca juga: cara agar blog terindex google

2. Website Anda Terblokir oleh Robots.txt

penyebab blog tidak diindeks Google

Periksa robots.txt pada website Anda, apakah terdapat baris code pada robots.txt yang mencegah/memblokir search engine untuk melakukan penelusuran dan pengindeksan pada website Anda.

Masalah ini dapat diatasi dengan mudah, Anda tinggal menghapus / mengedit script robots.txt pada website tersebut.

3. Setting Privacy Website

Bila Anda memakai cms WordPress, Ada kemungkinan secara tidak sengaja Anda telah mengaktifkan setting privacy saat pertama kali menginstall CMS wordpress, sehingga search engine tidak dapat menemukan / mengindeks website Anda.

9. Meta Tag NOINDEX

Noindex dapat diartikan sebuah cara untuk meminta search engine agar tidak melakukan pengindeksan pada website atau halaman yang terdapat meta tag NOINDEX. Jadi pastikan website yang dimaksud tidak tedapat tag tersebut. Meta Tag ini biasanya tertulis pada halaman HTML website seperti berikut:

[META NAME="ROBOTS" CONTENT="NOINDEX, NOFOLLOW"]

Untuk melakukan perbaikan masalah ini, Anda hapus baris code tersebut, dan hasilnya website Anda akan kembali di indeks oleh search engine.

Website Deindex

Masalah deindex adalah penyebab fatal sebuah website tidak terindeks oleh Google. Deindex bisa jadi sebuah mimpi buruk bagi blogger. Ini dapat diartikan sebagai hukuman dari Google terhadap website yang umumnya telah melanggar ketentuan Google. Contohnya website tersebut melakukan penyimpangan saat optimisasi SEO (black hat seo), sehingga terkena sanksi didepak dari indeks Google.

Menangani masalah deindex terbilang sangat susah, sebab tidak ada cara yang pasti dapat dilakukan untuk kembalikan indeks website kembali normal. Terkecuali Anda melakukan perbaikan total pada keseluruhan website dari kecurangan-kecurangan yang lalu, misalnya menghapus artikel-artikel yang over optimasi (black hat), menghapus backlink spam yang telah dilakukan sebelumnya, mengganti template website, dll.

Selanjutnya cobalah ajukan pada Google untuk di-review website Anda agar di-indeks kembali. Namun cara ini sebetulnya juga belum tentu pasti berhasil.

Baca juga: cara mendapatkan backlink berkualitas

Demikian ulasan singkat cara mengatasi kenapa website tidak terindex Di Google, semoga menambah wacana ...

Related Posts

Aplikasi SEO Cara Membuat Artikel - Panduan Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang