[TRIK] Cara Membuat Artikel Di Blog yang Menarik Untuk Dibaca

  • Whatsapp

cara menulis artikel

cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas seharusnya dapat memberi apa yang diinginkan pembaca yaitu sebuah solusi atau info yang bermanfaat. Sehingga artikel anda mampu menarik perhatian pembaca untuk meluangkan waktu membaca artikel sampai selesai. Anda bisa mengarahkan pembaca untuk mengetahui beberapa hal/info baru dalam waktu singkat.

LUPAKAN Dulu: Cara Menulis Artikel Seo Friendly

Dalam artikel ini kami ajak anda sejenak untuk melupakan aturan cara menulis artikel seo-friendly serta lebih menitikberatkan pada urutan langkah cara penulisan artikel yang menarik. Karena di era seo sekarang ini, jika artikel anda mampu menarik perhatian pembaca maka sebenarnya secara otomatis artikel anda sudah mengikuti aturan standar seo (Human-friendly = SEO-friendly). Untuk penulisan artikel ilmiah, Anda bisa simak artikel kami disini: cara membuat artikel ilmiah

Pada posting sebelumnya, telah kita bahas trik cara membuat artikel dengan cepat dan mudah namun tetap bisa menghasilkan sebuah artikel unik, lolos dari duplikat konten.

Dan untuk tips kali ini adalah cara membuat artikel yang menarik bagi pembaca, silahkan anda simak tips berikut:

cara membuat artikel yang menarik

 

Cara Membuat Artikel yang Menarik

1. Pilih Topik untuk Artikel.

Di internet banyak sumber mengenai bagaimana cara menulis artikel, wikipedia misalnya. Dari beberapa sumber tersebut, anda bisa gali untuk semakin menambah wawasan dan skill anda dalam menulis. Jadi pilih tema yang sekiranya sesuai dengan passion Anda. Cara menulis blog untuk pemilihan tema, Pilihlah tema yang Anda kuasai dan ringan untuk diulas. Dan jangan lupa, Anda harus tetap membuat artikel itu terlihat unik dan hidup.

Jauhi beberapa hal yang begitu analistis, nikmati bagaimana Anda lakukan proses menulis untuk share apa yang Anda ketahui. Selanjutnya, Anda akan mempunyai plot artikel yang hendak ditulis. Anda bisa tuliskan draft terlebih dulu mengenai apa yang Anda pikirkan sesuai tema yang akan diulas nantinya

2. Buat Paragraf Artikel Pembuka yang Menarik.

Sedikit orang yang mengerti jika paragraf pertama dalam satu artikel akan memengaruhi sikap pembaca untuk membaca satu tulisan. Paragraf pembuka yang panjang bisa membuat orang tidak tertarik serta terasa membosankan.

Oleh karenanya, untuk format menulis artikel yang baik dan benar, tulislah paragraf pembuka yang singkat serta mengena. Satu atau dua kalimat di paragraf pembuka akan cukup membuat pembaca tertarik meneruskan untuk membaca. Tunjukkan pada pembaca jika artikel anda dapat memberi nilai / manfaat buat mereka.

3. Menulis Paragraf Artikel yang Singkat

Sederhananya, persingkat sebagian besar tulisan. Kondisi pembaca sekarang ini mereka saat membaca/browsing di internet melalui HP, sehingga akan sulit untuk membaca paragraf yang panjang. Mereka akan bosan serta pada akhirnya tidak tertarik meneruskan membaca artikel anda. Anda harus perhatikan betul poin ini pada langkah # cara membuat artikel di blog.

Cara penulisan artikel dengan mempersingkat satu paragraf memang satu masalah tersendiri. Hal ini perlu dilakukan agar pembaca selalu memperhatikan paragraf selanjutnya tanpa rasa bosan. Diluar itu dengan adanya banyak interval di antara paragraf, beberapa ide lainnya tetap memperoleh ruangan jeda. Tetapi jangan terjerat untuk menulis kalimat yang begitu pendek hingga tidak bisa dimengerti. Utamanya ialah perhatikan cara menulis satu paragraf yang jelas dan singkat tujuannya.

4. Tulis Artikel Berkualitas yang Singkat dan Menarik.

Ketentuan ini sebenarnya cukup unik. Point ini sebenarnya sederhana, tapi perlu juga anda perhatikan. Sebab sebuah artikel yang berkualitas membutuhkan kalimat efisien. Bukan kalimat yang bersayap serta berkembang tidak terarah. Tajam, jelas serta sesuai arah ialah salah satu komponen terpenting dalam menulis artikel yang menarik untuk dibaca.

5. Isi Artikel Ringan Namun Berkualitas

Cara membuat artikel di blog, Jangan terlalu banyak menulis kalimat basa-basi. Seringkali kita temukan satu artikel yang tidak ada maknanya. Kalimat yang terlalu bertele-tele membuat pembaca bosan. Artikel semacam ini bagi pembaca banyak menghabiskan pikiran serta waktu.

Tulis artikel menarik yang memiliki makna serta pemahaman. Berikan pembaca mendapatkan sebuah jawaban setelah selesai membaca artikel anda. Pikirkan mereka menanyakan “Apa? Kenapa? Mengapa?” Maka jawablah pertanyaan mereka dalam artikel anda sesuai topik yang anda angkat.

6. Tuliskan Dalam Bentuk Narasi.

Salah satu cara membuat artikel yang menarik untuk dibaca yaitu tulis artikel Anda dalam bentuk Narasi. Banyak orang suka dengan narasi. Karena itu adalah satu karakter manusia yang fundamental yaitu tertarik dengan narasi.

Narasi ialah langkah yang sangat tepat untuk membuka artikel. Narasi bisa untuk memvisualisasikan satu pokok ide. Narasi tidak terlalu berlebihan, tetapi cuma butuh ditulis dengan efisien. Tulis artikel anda ke dalam bentuk sebuah narasi secara singkat, jelas, serta tak diduga, sehingga akan berasa demikian hidup.

Langkah terpenting untuk mengundang perhatian pembaca pada suatu artikel yaitu dengan membawa kisah. Tangkap perhatian pembaca dengan satu peristiwa, tempat kejadian serta satu alur.

7. Perlihatkan lantas Jelaskan.

Awali dengan tunjukkan apa yang kita lakukan, lalu terangkan apa tujuannya serta kenapa itu penting.

Ketentuan ini dipakai untuk semua susunan tulisan. Berikan ide lewat urutan semacam ini: Contoh (Ilustrasi), Uraian/Penjelasan, Pandangan/Pemahaman.

Perlihatkan pada pembaca lalu terangkan untuk membantu pembaca mengerti kenapa itu efisien serta bagaimana cara melakukannya. Dengan langkah tersebut, artikel anda akan terasa hidup dan mempunyai nilai bagi pembaca.

8. Terus Berlatih Menulis Artikel

Mulailah dengan tunjukkan apa yang kita lakukan, lalu terangkan apa tujuannya serta kenapa itu penting.

Ketentuan ini dipakai untuk semua tulisan. Tulis ide Anda dalam contoh format artikel semacam ini:

  • Contoh (Ilustrasi)
  • Keterangan (Explanation)
  • Pandangan (Understanding).

Perlihatkan pada pembaca lalu terangkan apakah itu dan membantu pembaca untuk mengerti kenapa itu efisien serta bagaimana memakainya. Tanpa ada langkah berikut, artikel akan berasa menjemukan serta tidak mempunyai nilai.

Aturan tambahan untuk cara membuat artikel di blog yang menarik dibaca yaitu: berlatih. dan teruslah berlatih proses cara menulis artikel yang baik dan benar. Anda juga bisa berlatih menulis ulang artikel yang sudah ada sebelumnya.

Dengan Berlatih akan meningkatkan ketrampilan dalam menulis dan lebih produktif. Berlatihlah sampai anda betul-betul mengerti bentuk serta susunan sebuah contoh artikel menarik . Sehingga dalam membuat sebuah artikel yang baik menjadi rutinitas yang berlangsung secara wajar.

Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

1. Judul yang Menarik

Tulis satu judul artikel yang menarik, supaya pembaca penasaran untuk membaca konten Anda selanjutnya.

2. Kalimat Pembuka Memancing Rasa Ingin Tahu untuk Terus Membaca

Janganlah lupa curi perhatian pembaca pada paragraf pembuka dengan menuliskan satu kalimat menarik berisi poin penting yang betul-betul dicari oleh pembaca.

Ketahui terlebih dahulu calon pembaca artikel Anda nanti. Setelah itu pahami tenggang umur, karier serta gender pembaca. Hal ini akan menolong Anda untuk membuat artikel di blog dengan gampang, dengan gaya bahasa yang dapat wakili karakter pembaca.

3. Konten Bagus, Detil serta Tidak Menjemukan

Artikel yang panjang pasti secara nalar memuat informasi yang jelas dan detil. Kurangi kalimat basa-basi/berbelit. Gaya tulisan artikel yang gampang dipahami, mengalir, ditambah gambar pendukung serta mudah dibaca.

4. Paragraf Penutup / Rangkuman

Rangkuman ialah sisi penting yang ditempatkan pada bagian akhir artikel. Seharusnya Anda tidak usah menulis rangkuman artikel yang begitu panjang. Tulis satu atau dua paragraf berisi kalimat ringkasan artikel secara keseluruhnya.

 

Cara Membuat Artikel Di Blog dengan Mudah dan Cepat

Pada ulasan ini adalah contoh bagaimana cara menulis blog yang lebih mengutamakan pada kemudahan serta kecepatan dalam membuat artikel di blog. Jadi format penulisan artikel tidaklah resmi dan baku nantinya, seperti halnya saat anda menulis sebuah contoh artikel ilmiah.

  1. Tahap cara penulisan artikel dengan cepat begini triknya: Pergi ke google (search engine), tuliskan keyword sesuai dengan topik yang anda inginkan. Pilih beberapa artikel yang anda kira padat dan bagus ulasannya.
  2. Setelah itu, ambil beberapa poin penting pada tiap artikel selanjutnya satukan. Ini jadikan artikel padat dan panjang infonya serta bagus untuk peroleh rangking pada mesin perayap (search engine). Pembaca pasti menyukai artikel anda sebab berisi bahasan yang lengkap sesuai yang dicarinya.
  3. Lalu, Paste hasil copy artikel ke text area pada thearticlespinner.com. Setelah itu, Anda tinggal klik tombol Rewrite
  4. Baca hasil rewrite thearticlespinner, kerjakan koreksi bila dibutuhkan, ini bagus juga untuk user experience (tempatkan pembaca jadi target intinya). Dalam sekejap dan mudah sebuah artikel yang menarik, unik dan lolos dari duplikat konten dengan bahasan yang dalam (sebab kombinasi dari beberapa artikel yang diambil pointnya saja) siap anda posting.
  5. Lakukan tahap-tahap cara penulisan artikel di atas dalam kata kunci lain yang anda incar lalu posting ke website anda.
  6. Dalam waktu cepat, anda dapat membuat satu website berisi banyak artikel menarik dengan bahasan yang detail siap anda monetisasi. Anda dapat kerjakan tahap-tahap cara menulis blog diatas untuk membangun beberapa blog baru dengan cepat tentunya dengan topik yang berlainan.

Semoga tips tentang contoh format cara membuat artikel yang menarik ini dapat bermanfaat dan menambah wacana Anda…

Related posts