TheArticleSpinner.com

Blog - Artikel Spinner Indonesia & English - SEO Tools

8 Cara Menulis Artikel yang Baik dan Menarik Pembaca

Cara menulis artikel yang baik dan menarik seharusnya dapat memberi apa yang diharapkan pembaca yakni solusi atau manfaat. Sehingga, pembaca senang dan artikel anda mampu menarik perhatiannya untuk meluangkan waktunya membacanya sampai usai. Anda bisa bimbing pembaca untuk mengakhiri atau mengetahui beberapa hal serta arahan baru dengan waktu yang singkat.

cara menulis artikel

Berikut Cara Membuat Artikel yang baik dan menarik.

Pada posting sebelumnya, kita telah bahas bagaimana cara membuat artikel dengan fokus pada penulisan artikel yang cepat dan mudah namun tetap bisa menghasilkan sebuah artikel yang unik. Jadi untuk tips kali ini adalah langkah menulis sebuah artikel yang baik serta menarik bagi pembacanya, silahkan anda simak tips berikut:

  1. Pilih topik untuk artikel.

  2. Buat paragraf pembuka yang menarik.

  3. Menulis paragraf yang singkat.

  4. Tulis artikel yang singkat dan menarik.

  5. Isi artikel ringan namun berbobot.

  6. Tuliskan dalam bentuk narasi.

  7. Perlihatkan lantas jelaskan.

  8. Terus berlatih menulis artikel.

cara membuat artikel menarik

1. Pilih Topik untuk Artikel.

Di internet banyak sumber mengenai bagaimanakah cara menulis artikel, wikipedia misalnya. Dari beberapa sumber tersebut, anda bisa gali untuk semakin menambah wawasan dan skill anda dalam menulis. Jadi pilih tema yang lumayan menarik minat dan passion Anda. Pilihlah tema yang Anda kuasai dan ringan untuk diulas. Akan tetapi, Anda harus tetap membuat artikel itu unik dan hidup.

Anda bisa tuliskan draft mengenai apa yang Anda pikirkan sesuai tema yang akan diulas. Jauhi beberapa hal yang begitu analistis, serta nikmati bagaimana Anda lakukan proses menulis untuk share apa yang Anda kenali. Selanjutnya, Anda akan mempunyai plot artikel yang hendak ditulis.

2. Buat Paragraf Pembuka yang Menarik.

Sedikit orang yang mengerti jika paragraf pertama dalam satu artikel akan memengaruhi sikap pembaca untuk membaca satu tulisan. Paragraf pembuka yang panjang bisa membuat orang tidak tertarik serta terasa membosankan. Walau sebenarnya, mereka tetap harus membaca paragraf selanjutnya untuk terima info dengan utuh.

Oleh karenanya, untuk menulis artikel yang baik, tulislah paragraf pembuka yang singkat serta mengena. Satu atau dua kalimat di paragraf pembuka akan cukup membuat pembaca tertarik meneruskan untuk membaca. Tunjukkan pada pembaca jika artikel anda dapat memberi nilai buat mereka.

3. Menulis Paragraf yang Singkat

Sederhananya, persingkat sebagian besar tulisan. Kondisi pembaca sekarang ini umumnya membaca lewat HP, sehingga akan sulit untuk membaca paragraf yang panjang. Mereka akan bosan serta pada akhirnya tidak tertarik meneruskan membaca artikel anda.

Mempersingkat satu paragraf memang satu masalah tersendiri. Hal ini perlu dilakukan agar pembaca selalu memperhatikan paragraf selanjutnya tanpa rasa bosan. Diluar itu dengan adanya banyak interval di antara paragraf, beberapa ide lainnya tetap memperoleh ruangan untuk “bernafas”. Tetapi jangan terjerat untuk menulis kalimat yang begitu pendek hingga tidak bisa dimengerti. Utamanya ialah perhatikan cara menulis satu paragraf yang jelas dan singkat tujuannya.

4. Tulis Artikel yang Singkat dan Menarik.

Ketentuan ini sebenarnya cukup unik. Point ini sebenarnya sederhana, tapi perlu juga anda perhatikan. Sebab satu artikel yang menarik membutuhkan kalimat efisien. Bukan kalimat yang bersayap serta berkembang tidak jelas. Tajam, jelas serta sesuai dengan arah ialah komponen terpenting artikel yang menarik untuk dibaca.

5. Isi Artikel Ringan Namun Berbobot

Jangan terlalu banyak menulis kalimat basa-basi. Seringkali kita temukan satu artikel yang tidak ada maknanya. Kalimat yang terlalu bertele-tele membuat pembaca bosan. Artikel semacam ini bagi pembaca banyak menghabiskan tenaga serta waktu.

Tulis artikel yang memiliki makna serta pemahaman. Berikan pembaca mendapatkan sebuah jawaban setelah selesai membaca artikel anda. Pikirkan mereka menanyakan “Mengapa? Kenapa? Apa?” Maka jawablah pertanyaan mereka dalam artikel anda sesuai topik yang anda angkat.

Dunia memerlukan semakin banyak content yang dapat memberi edukasi, menerangkan satu makna serta arti sehingga membuat pembaca mengerti akan suatu hal.

6. Tuliskan Dalam Bentuk Narasi.

Banyak orang suka dengan narasi. Karena itu adalah satu diantaranya karakter manusia yang fundamental yaitu tertarik dengan narasi.

Langkah terpenting untuk mengundang perhatian pembaca pada suatu artikel yaitu dengan membawa kisah. Tangkap perhatian pembaca dengan satu peristiwa, tempat kejadian serta satu alur.

Narasi ialah langkah yang sangat tepat untuk membuka artikel. Narasi bisa untuk memvisualisasikan satu pokok ide. Narasi tidak terlalu berlebihan, tetapi cuma butuh ditulis dengan efisien. Tulis artikel anda ke dalam bentuk sebuah narasi secara singkat, jelas, serta tak diduga, sehingga akan berasa demikian hidup.

7. Perlihatkan lantas Jelaskan.

Awali dengan tunjukkan apa yang kita lakukan, lalu terangkan apa tujuannya serta kenapa itu penting.

Ketentuan ini dipakai untuk semua susunan tulisan. Berikan ide dng urutan semacam ini: contoh (ilustrasi), uraian/penjelasan, pandangan/pemahaman. Perlihatkan pada pembaca lalu terangkan untuk membantu pembaca mengerti kenapa itu efisien serta bagaimana cara melakukannya. Dengan langkah tersebut, artikel anda akan terasa hidup dan mempunyai nilai bagi pembaca.

8. Terus Berlatih Menulis Artikel

Mulailah dengan tunjukkan apa yang kita lakukan, lalu terangkan apa tujuannya serta kenapa itu penting.

Ketentuan ini dipakai untuk semua susunan tulisan. Berikan idemu dengan posisi semacam ini: contoh (ilustrasi), keterangan (explanation), pandangan (understanding). Perlihatkan pada pembaca lalu terangkan apakah itu dan membantu pembaca untuk mengerti kenapa itu efisien serta bagaimana memakainya. Tanpa ada langkah berikut, artikel akan berasa menjemukan serta tidak mempunyai nilai.

Aturan tambahan untuk menulis sebuah artikel yang menarik dibaca yaitu: berlatih. dan teruslah berlatih menulis artikel yang baik. Anda juga bisa berlatih menulis ulang artikel yang sudah ada sebelumnya. Dengan Berlatih akan meningkatkan ketrampilan dalam menulis. Berlatihlah sampai anda betul-betul mengerti bentuk serta susunan sebuah artikel yang baik. Sehingga dalam membuat sebuah artikel yang baik menjadi rutinitas yang berlangsung secara wajar.

Tiap-tiap orang mempunyai hal menarik untuk dikisahkan. Anda sendiri bahkan juga mempunyai banyak narasi tanpa anda sadari. Dunia memerlukan hal yang mempunyai arti, narasi yang memberikan keyakinan yang akan menghasilkan pengetahuan serta menolong orang untuk mengerti.

Artikel Terkait

 

 

Online Article Spinner Indonesia & English - Seo Tools Online