Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Membuat Backlink

apa itu backlink

Apa itu Backlink dan Manfaat Backlink? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas dan cara membuat backlink gratis adalah pertanyaan yang sering terlintas dalam pikiran orang yang baru memulai membangun blog atau website. Dimana arti backlink itu mungkin kurang familiar bagi mereka.

Backlink adalah salah satu faktor penting dalam SEO (Search Engine Optimization) yang dapat memastikan urutan rangking website di hasil pencarian search engine.

Kenapa Anda harus mengerti backlink serta mengaplikasikannya di website? Semua akan diulas di artikel ini, diawali pada apa itu backlink.


Apa Itu Backlink ?

Apa itu Backlink ? Backlink adalah hyperlink yang mempertautkan halaman Website lain menuju ke halaman website yang diinginkan oleh si pembuat backlink. Search engine (Google) akan memperhitungkan sebuah website dengan backlink yang relevan dan berkualitas untuk menempati posisi terbaik pada halaman hasil penelusuran (pengertian backlink menurut wikipedia).

Backlink dari sisi manfaat dibedakan dua tipe, yaitu backlink dofollow dan nofollow. Ke-2 tipe backlink ini sebetulnya sama bila dilihat secara kasat mata. Tetapi, tipe backlink dofiollow lebih disukai sebab punya nilai tinggi di mata search engine, sedangkan untuk tipe nofollow umunya relatif kurang disukai atau tipe backlink nofollow ini diperlukan tergantung kondisi dan kebutuhannya.

Saat ini, kebutuhan backlink makin diminati seiring dengan ramainya cara promosi website berbasiskan SEO sebagai salah satu taktik untuk menarik pengunjung.


Manfaat Backlink dan Mengapa Backlink itu Penting ?

Sesudah mengerti pengertian backlink, sekarang waktunya untuk pelajari apa manfaat backlink itu. Seberapa penting kegunaan backlink itu ?

Berikut beberapa manfaat dan mengapa backlink itu penting:

# Google Temukan Website Anda Lewat Backlink

Penjelasan paling mudah untuk pertanyaan "Mengapa backlink penting ?" karena itulah salah satu cara Google temukan halaman baru sebuah website untuk ditayangkan pada hasil pencariannya. Search engine (Google) secara kontinue melakukan crawling dan pembaharuan untuk temukan halaman yang paling berkaitan dan berkualitas dalam kata kunci tertentu untuk ditampilkan pada hasil pencariannya.

Seperti saat manusia memakai peta untuk temukan beberapa lokasi baru, mesin pencari / Google memakai backlink untuk temukan halaman baru, lakukan crawling di halaman itu, untuk selanjutnya memasukkan ke index Google.

Baca juga: Cara mempercepat artikel terindex google

Makin banyak backlink yang Anda dapatkan, makin gampang Google temukan halaman website Anda. Tetapi, Anda harus memperhitungkan kualitas backlink tersebut. Untuk cara membuat backlink, Anda tidak dapat sembarangan. Karena backlink yang tidak berkualitas justru bisa merugikan website Anda.

# Backlink Meningkatkan Traffic Website

Di point awalnya telah diterangkan jika backlink dapat menolong website untuk lebih gampang ditemukan Google dan menempatkan posisi terbaik blog Anda pada hasil pencarian. Makin banyak backlink berkualitas yang didapat, makin bagus penilaian Google pada website Anda. Selanjutnya halaman website Anda akan mendapatkan rangking tinggi pada hasil penelusuran. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan traffic dan Anda dapat menghasilkan uang lewat blog tersebut.

Baca juga: Cara menghasilkan uang lewat blog

Tidak hanya traffic yang berasal dari hasil penelusuran Google, Website Anda juga akan menerima traffic secara langsung dari website yang telah ditanami backlink Anda. Apalagi bila website pemberi backlink itu memiliki rekam jejak bagus di mata Google serta memiliki traffic tinggi.

# Backlink Bermanfaat untuk Rekam Jejak di Google

Saat orang searching satu keyword di Google, Google akan berupaya untuk memberi hasil penelusuran paling baik untuk si pelacak. Google pasti arahkan penelusuran pada halaman-halaman blog yang terkenal.

Bagaimana Google memandang sebuah website itu terkenal atau tidak?

Google memakai backlink sebagai salah satu tanda popularitas halaman website tersebut. Makin banyak backlink berkualitas ke arah website itu, makin baik rekam jejak website tersebut di penilaian Google.

# Backlink Yang Relevan Meningkatkan Integritas Website

Backlink salah satu indikator penting memastikan popularitas satu halaman website. Google bukan sekedar memandang backlink dari jumlahnya saja, namun juga menilai relevansi backlink tersebut.

Apa itu backlink yang relevan? Backlink yang relevan ialah backlink yang diperoleh dari website atau blog dengan niche yang berkaitan. Contohnya, satu perusahaan gadget mempunyai backlink relevan saat mereka mendapatkan backlink dari website ber-niche tehnologi atau handphone. Dengan demikian perusahaan gadget itu bisa dipandang dipercaya oleh Google.

Apa yang terjadi saat perusahaan gadget itu mendapatkan backlink dari blog fashion atau blog furniture? Pasti Google akan menanyakan integritas website perusahaan gadget tersebut, dan mempertanyakan apakah perusahaan itu cukup dapat dipercaya untuk industri gadget serta tehnologi?


cara mendapatkan backlink berkualitas

Cara mendapatkan backlink berkualitas tidak didapat secara mudah. Trik cara membuat atau mendapat backlink yang berkualitas tentunya dimulai dengan membuat content yang komplet, unik, serta mampu memberikan solusi. Berikut cara mendapatkan backlink berkualitas di website Anda.

1. Buat Arikel yang detail serta Memberikan Solusi

Bagaimana membuat integritas website / blog? Pasti jawabannya ada di konten. Pastikan konten website Anda merupakan artikel yang detail serta dapat menjawab pertanyaan beberapa pembaca. Artikel yang Anda tulis harus solutif. Jadi sesudah membaca artikel di blog Anda, pembaca dapat menemukan solusi dari permasalahannya. Dengan demikian mereka tidak sangsi untuk bagikan artikel Anda di sosial media atau ke website/blognya.

Baca juga: Cara Menulis Artikel

2. Bikin Konten yang Unik

Tidak hanya content yang komplet serta solutif, content Anda pun harus unik. Bila memungkinkan, bikinlah content yang tidak pernah dibikin orang lain. Ide yang belum pernah dipikirkan orang. Contohnya, Anda dapat lakukan studi masalah mengenai konsumen setia atau usaha Anda. Keunikan content Anda akan menarik pembaca untuk memberikan link ke website atau blog Anda.

3. Bangun Integritas

Untuk dapat mendapatkan backlink yang memiliki kualitas, Anda harus membuat integritas blog Anda terlebih dulu.

Kualitas Outbound Link: umumnya website yang berkualitas hanya mau memberikan backlink ke website atau blog yang berkualitas juga dan dapat dipercaya. Oleh karenanya, Anda perlu membangun integritas blog terlebih dulu.

4. Bikin Infografik

Kadang orang malas membaca banyak paragraph panjang. Untuk mengakali ini, Anda dapat manfaatkan infografik. Bikinlah infografik supaya pembaca tertarik membaca artikel Anda. Diluar itu, beberapa orang lebih gampang bagikan infografik sebab lebih menarik serta lebih gampang dimengerti.

Empat cara di atas ialah cara untuk mendapatkan backlink secara alami. Content yang bagus, unik, komplet, serta solutif akan menarik beberapa orang untuk menempatkan link website atau blog Anda di website mereka. Lantas, bagaimana cara membuat backlink itu sendiri ?


cara membuat backlink

Anda harus menjemput bola supaya bisa membuat backlink berkualitas. Karena website atau blog dengan kualitas backlink bagus perlu didekati secara personal terlebih dulu untuk selanjutnya dapat membuat backlink disana.

Untuk temukan blog / website berkualitas itu, Anda bisa menggunakan layanan seo tools gratis terbaik untuk riset keyword pihak ke-3, misal salah satu: Ahrefs. Dengan Ahrefs (layanan tools seo gratis dan berbayar) dapat temukan blog yang berkualitas berdasar keyword yang memiliki keterkaitan niche dengan usaha Anda. Disamping itu, itu Anda juga dapat tahu integritas sebuah website lewat Domain Rating (DR) serta jumlahnya traffic yang dibuat.

Relevan

Menjaga relevansi merupakan persyaratan penting untuk akuisisi link yang berkualitas. Keterkaitan (relevansi) link menurut Google berdasar 3 hal:

  1. Niche secara keseluruhan pada website yang akan ditanam link.
  2. Relevansi content pada halaman linknya.
  3. Relevansi backlink menuju ke domain.

Apakah Anda bisa menanam backlink di website yang tidak berkaitan (relevan) dengan website Anda?

Bisa, Anda bisa menanam backlink pada website yang tidak relevan dengan ketentuan website itu punya lalu lintas / traffic tinggi serta mengulas content bermacam seperti portal berita. Bila website itu tidak berkaitan dengan usaha serta tidak punya lalu lintas tinggi, seharusnya tinggalkan saja.

Mempelajari Yang Dikerjakan Pesaing Anda

Jika Anda menginginkan memperoleh makin banyak traffic organic, pelajari taktik marketing yang dilakukan pesaing Anda. Anda bisa pelajari pesaing di sosial media, bentuk content marketingnya, dan cari tehnik link building mereka.

Membuat Anchor Text yang Bervariasi

Membuat backlink dengan anchor text yang asal-asalan dapat merugikan. Distribusi anchor teks yang salah malah menghalangi blog Anda untuk mendapatkan rangking terbaik di hasil pencarian. anchor teks yang agresif (hanya satu macam) membuat Anda terserang penalti. Sebagian besar anchor teks Anda harus naked link anchor atau bisa juga branded.

Guest Blogging

Guest blogging yaitu Anda membuat artikel yang di posting pada blog atau website orang lain. Pada artikel itu Anda dapat menempatkan link yang mengarah ke blog atau website Anda. Tetapi, Anda perlu pilih blog atau website dengan traffic tinggi supaya guest blogging dapat dirasakan efeknya.

Manfaatkan Content Share Platform

Umumnya banyak orang bagikan artikel atau content terbarunya di sosial media. Namun sebaiknya Anda perlu bagikan juga artikel Anda melalui layanan berbasis content share platform.

Content share platform seperti Medium, VIVA Blog, Kompasiana, Kaskus, Hipwee, Reddit, dll dapat digunakan untuk tempatkan link website atau blog Anda. Anda dapat membuat artikel baru yang masih terkait dengan tema yang Anda ulas lalu tempatkan link pada artikel yang akan mengarah ke Blog Anda. Dengan demikian Anda mendapatkan backlink dari konten share platform itu. Walau link-nya berbentuk nofollow, cara ini masih wajar diaplikasikan untuk mempromokan content blog atau website.


Contoh Backlink Berkualitas

Google tidak memandang backlink dari jumlahnya saja, namun juga memperhitungkan kualitas. Jadi Anda harus membuat backlink dengan cermat supaya mendapatkan backlink berkualitas. Apa saja persyaratan backlink berkualitas? Berikut enam persyaratan backlink yang memiliki kualitas:

A. Memiliki Authority

Anda harus pastikan website yang akan Anda tanami backlink betul-betul punya integritas serta punya pengaruh. Bagaimana cara pastikan integritas website? Anda dapat mengecek integritas website memakai software seperti Ahrefs. Integritas di Ahrefs diukur memakai rasio 1 sampai 100 yang disebutkan dengan Domain Rating (DR). Domain Rating mengukur banyaknya backlink berkualitas yang didapatkan sebuah website. Makin tinggi nilai DR, makin prospek untuk backlink.

B. Standard Editorial

Lihat standard editorial content website yang akan ditanami backlink. Umumnya yang mampu menyumbangkan sebuah backlink yang berkualitas yaitu website dengan standard editorial yang ketat seperti portal berita yang dipercaya dan populer.

C. Traffic

Tidak hanya Domain Rating (DR), Anda pun perlu memperhitungkan jumlah traffic website tersebut sebelum membuat backlink. Untuk mengukur berapa besar traffic yang dimiliki sebuah website perbulannya Anda dapat memakai Ahrefs. Pastikan website yang akan ditanam backlink memiliki jumlah traffic pengunjung.

Baca juga: cara meningkatkan traffic website

D. Kualitas Outbound Link

Website dengan kualitas backlink bagus umumnya cuma akan memberi backlink ke website berkualitas saja. Oleh karenanya, lihat outbound link dari calon website yang akan ditanami backlink. Apakah reputasi outbound link mereka bagus? Apakah mereka memberi outbound link ke website berkualitas atau tidak?

E. Terindeks Google

Yang penting ialah terindeks Google. Website yang akan Anda tanami backlink harus terindeks oleh Google. Bila sebuah website tidak terindeks Google, maka menanam backlink di website tersebut akan percuma.

Cara memeriksa apakah satu website telah terindeks Google atau belum begini caranya. Buka Google. Selanjutnya tulis "site:websitecontoh.com". Bila kemudian tidak tampil apapun, sebaiknya tinggalkan Blog itu

Agar website mendapatkan backlink yang berkualitas dibutuhkan usaha. Anda harus membuat fondasi utamanya lebih dahulu, yakni content. Backlink yang Anda dapat juga harus penuhi persyaratan khusus supaya dampaknya benar-benar dapat dirasakan. Jadi tetap kerjakan analisa terlebih dulu sebelum memastikan untuk menanam backlink memakai indikator yang telah disebut di atas. Dengan demikian backlink Anda akan menghasilkan dampak positif di blog Anda secara nyata.

Semoga tutorial cara mendapatkan backlink berkualitas ini dapat menambah wacana Anda dalam membuat backlink. Selamat berburu backlink yang berkualitas untuk blog Anda.

Tema terkait Backlink

  • backlink adalah

  • backlink blogger

  • cara menanam backlink

  • cara pasang backlink di blog

  • cara membuat backlink pada website

Related Posts

Aplikasi SEO Cara Membuat Artikel - Panduan Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang